Pertunjukan Tari Ramayana Prambanan (Show Night) Bukti Pesona Megahnya Candi Prambanan

Di bawah sorotan lampu yang berwarna warni, candi Prambanan nampak makin megah dengan keanggunannya yang memikat. Suasana yang demikian akan semakin meriah ketika sinden-sinden melantunkan tembang-tembang Jawa yang diiringi dengan musik gamelan. Nampak di panggung utama, beberapa penari mulai menggerakkan badannya dengan gemulai. Memang ini bukanlah pertunjukan biasa, melainkan sebuah pertunjukan tari Ramayana Prambanan (show night) yang merupakan kolaborasi seni drama tanpa dialog dan tarian sebagai penutur kisah dari cerita Ramayana tersebut.

Kisah Ramayana memang dikenal sebagai kisah yang fenomenal. Pastinya bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa begitu akrab dengan kisah tersebut. Kisah pertunjukan tari Ramayana Prambanan (show night) ini sangatlah sensasional yang dipandu dengan musik gamelan. Tentunya sangat menentramkan hati para penikmatnya ketika menyaksikan penari-penari yang dengan gemulainya menyajikan pertunjukan sendratari yang wajib untuk anda saksikan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Bagi yang ingin menyaksikannya, tentunya para wisatawan harus merogoh koceknya lebih dalam. Karena memang untuk menyaksikannya tiket masuk pertunjukkannya dibandrol lumayan mahal. Meski demikian, tentu kepuasan akan anda dapatkan usai menyaksikannya. Tiket pertunjukan sendratari Ramayana ini terbagi dalam beberapa kelas, mulai dari yang paling murah untuk kelas pelajar hingga kelas VIP yang harus mengeluarkan uang sekitar Rp 350.000 per orang untuk menyaksikannya. Tiket tersebut berlaku untuk teater terbuka, sedang untuk teater tertutup, maka akan dibagi menjadi tiga kelas yakni second class, first class, dan special class.

Kisah pertunjukan Tari Ramayanan Prambanan (show night) ini bersumber dari epos Ramayana yang merupakan karangan Walmiki. Kisah tersebut menceritakan usaha Sri Rama dalam upaya menyelamatkan Dewi Shinta yang diculik Rahwana. Kisah yang aslinya berasal dari India ini reliefnya pun terpahat di dinding-dinding Candi Prambanan. Awal mula dilakukan pertunjukan sendratari Ramayana di Candi Prambanan ini bermula dari Letjend (Purn) GPH. Djati Kusumo untuk mengusung kisah Ramayana di pelataran candi Prambanan. Lantas pada 26 Juli 1961, untuk pertama kalinya pertunjukan sendratari Ramayana itu digelar di panggung terbuka Candi Prambanan. Panggung tersebut merupakan rancangan dari Harsoyo yang kapasitasnya mampu menampung 3000 penonton. Di bulan berikutnya, pagelaran yang pada awalnya bernama Ramayana Ballet terus digelar dan kemudian disaksikan oleh Presiden Soekarno bersama aktor komedia terkenal Charlie Chaplin.

Selanjutnya pertunjukan tari Ramayana Prambanan (show night) ini menjadi pagelaran rutin yang dilangsungkan selama seminggu tiga kali. Pertunjukan sendratari ini dilangsungkan setiap hari selasa, kamis, dan sabtu. Di setiap pertunjukannya selalu dipenuhi oleh penonton, yang terdiri baik wisatawan lokal dan juga mancanegara. Bila anda ingin menyaksikannya, maka anda perlu mengetahui jadwalnya terlebih dahulu serta datang lebih awal supaya tidak kehabisan tiket. Ada dua tempat pementasan sendratari tersebut. Saat musim hujan tiba, maka pertunjukan digelar di panggung tertutup di Gedung Trimurti. Namun ketika musim kemarau, maka pertunjukan dilangsungkan di panggung terbuka. Panggung terbuka ini memiliki keistimewaan yakni ukuran panggungnya yang besar yaitu 14 x 50 meter dan dibangun sebagai sebuah bangunan yang menyatu dengan candi Prambanan. Dan candi tersebut menjadi latar belakang utama dari panggung pertunjukan sendratari tersebut.

Pastinya sangat menarik bukan bila anda menyaksikan pertunjukan tari Ramayana Prambanan (Show nigt)  yang dilangsungkan di candi Prambanan. Menyaksikan pertunjukan sendratari tersebut di panggung terbuka, tentu lebih menyenangkan dengan sensasi kemegahan candi Prambanan sebagai latar utama dari sendratari tersebut.

 

Ingin mengujungi jogja dan berwisata ke jogja dan mau nonton Ramayana Ballet Prambanan ? silahkan hubungi kami untuk mendapatkan rekomendasi terbaik baik destinasi wisata beserta paket tour jogja nya

HP/WA : 085643322718

Jawara Tour Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *