Menyaksikan Koleksi Aviasi Terlengkap di Museum Dirgantara

Museum dirgantara merupakan museum yang berada di bawah pengelolaan TNI Angkatan Udara. Di dalamnya tersaji secara lengkap berbagai sejarah mengenai penerbangan di Indonesia serta dunia aviasi di Indonesia. Para wisatawan yang berkunjung ke museum tersebut, juga bisa menyaksikan koleksi alutista serta pesawat, dari pesawat sipil hingga pesawat tempur dan juga rudal milik TNI AU. Yogyakarta yang merupakan kota kelahiran TNI AU memiliki museum dengan koleksi kedirgantaraan terlengkap di Indonesia. Museum yang juga disebut dengan nama Museum Dirgantara Mandala ini memiliki koleksi beragam pesawat yang peranannya sangat penting serta memiliki jasa besar bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Semuanya tersimpan rapi di museum ini. Maka dari itulah, museum ini menjadi lokasi wisata yang wajib untuk dikunjungi bagi para wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Lokasi dari museum dirgantara ini terletak menjadi satu dengan kompleks perumahan, perkantoran, serta pusat pendidikan TNI AU. Museum yang memiliki halaman berumput hijau ini tentunya sangat luas dan hawanya begitu menyejukkan. Dahulu museum ini berlokasi di Jakarta. Namun, mengingat sejarah panjang yang mewarnai kelahiran TNI AU, maka lokasinya dipindah ke Yogyakarta dan berada di kompleks Lanud Adisutjipto. Ketika para wisatawan mengunjunginya, maka akan menemukan berbagai hal yang menarik. Para pengunjung bisa menyaksikan berbagai koleksi terlengkap dari kedirgantaraan di Indonesia dan menyaksikan keberanian dari para pilot Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ad 38 koleksi pesawat yang tersimpan di museum tersebut, baik itu berupa pesawat tempur dan juga pesawat sipil.

Koleksi-koleksi pesawat yang bernilai sejarah dan tersimpan di museum dirgantara yaitu replika pesawat Dakota VT-CLA yang merupakan milik perusahaan asal India dan tertembak jatuh oleh Belanda ketika hendak mendarat di Maguwo. Kemudian pesawat Guntei yang memiliki sayap ganda dan dulunya dimiliki oleh tentara Jepang ketika dipakai untuk melakukan pengeboman pertama dalam sejarah TNI AU. Ada lagi pesawat Mustang yang dipakai untuk menggempur Permesta. Tidak hanya koleksi pesawat saja, di museum ini gedungnya terbagi menjadi 6 ruang. Para pengunjung bisa menyaksikan koleksi lainnya di setiap ruangan tersebut. Ada beberapa koleksi foto, lukisan, tanda jasa dan kehormatan, pakaian dinas, buku, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom, serta roket, parasut, hingga anda bisa menyaksikan diorama yang mengisahkan kronologi berbagai peristiwa di masa perjuangan kemerdekaan.

Ada yang menarik dari diorama yang disajikan di museum dirgantara tersebut. Diorama satelit Palapa serta pesawat ruang angkasa Challenger yang dimiliki di museum ini. Pastinya sangat menyenangkan sekali berkunjung ke museum ini. Berbagai aneka koleksi yang tersimpan tentu mengundang daya tarik wisatawan. Keistimewaan lainnya para pengunjung bisa menaiki beberapa pesawat yang telah mendapatkan ijin untuk dinaiki. Para pengunjung juga bisa menyewa beberapa pakaian pilot untuk bergaya di dalam pesawat dan pastinya sebagai spot fotografi yang menyenangkan. Ada juga bagi pengunjung  yang ingin menikmati wahana simulasi untuk menerbangkan pesawat.

Tidak sulit untuk mengunjungi museum dirgantara Yogyakarta. Museum yang berada di kompleks TNI AU ini meski agak tersembunyi lokasinya, namun para pengunjung bisa menemukannya dengan mudah. Anda yang ingin berkunjungi dari fly over Janti anda bisa langsung menuju Ring Road TImur, kemudian sampai di depan SMA Angkasa maka anda belok kiri. Bila anda menggunakan bus kota, maka anda turun di depan SMA Angkasa dan berjalan kurang lebih 200 meter untuk menuju museum.

 

Ingin mengujungi jogja dan berwisata ke jogja ? silahkan hubungi kami untuk mendapatkan rekomendasi terbaik baik destinasi wisata beserta paket tour jogja nya

HP/WA : 085643322718

Jawara Tour Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *