Daya Pikat Pantai Indrayanti yang Penuh Pesona

Pantai Indrayanti merupakan destinasi wisata pantai di Yogyakarta. Lokasinya berada di daerah Gunung Kidul. Pantai ini sangat digemari oleh para wisatawan. Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini memiliki jarak 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai yang memikat para wisatawan ini selalu ramai dikunjungi setiap musim liburan tiba.

Sebenarnya Pantai Indrayanti bukan nama yang sesungguhnya. Masyarakat menyebutnya dengan nama Indrayanti dikarenakan banyaknya resto dan resort yang dinamakan Indrayanti. Oleh karena itulah, untuk memudahkan pantai tersebut dinamakan seperti yang banyak ditemukan di sekitar pantai tersebut. Nama pantai Indrayanti kemudian menjadi lebih populer dibandingkan nama yang telah diberikan oleh pemerintah setempat yaitu pantai Syawal. Di daerah Gunung Kidul, pantai ini bukanlah pantai satu-satunya. Karena di dekatnya ada juga pantai lainnya seperti pantai Baron, pantai Sundak, dan masih beberapa pantai lainnya. Namun dari sekian banyak pantai yang ada di daerah Gunung Kidul, Indrayanti lah yang sangat populer di kalangan wisaawan dan sangat menarik minat untuk dikunjunginya.

Di pantai Indrayanti sangat terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang membentang dari barat hingga timur. Menariknya lagi, juga dihiasi berbagai batu karang serta tebing yang ada di sisi pantainya. Dengan demikian, pantai Indrayanti menjadi semakin mempesona. Kondisi di pantai ini sangat bersih. Hal ini ada peraturan yang diberlakukan di kawasan pantai, bahwa barangsiapa yang membuang sampah sembarangan maka akan didenda Rp 10 ribu. Air di pantai ini memang sangat jernih, bersih, dan juga segar. Hal ini dikarenakan lingkungan sekitarnya yang benar-benar terawat. Ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga para wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin berenang. Kondisi pantai yang begitu bersih ini pastinya tidak lepas dari peran serta yang aktif dari pihak swasta yang ikut andil untuk melakukan pengelolaan dari Pantai Indrayanti. Dengan demikian memberikan dampak yang positif pastinya. Denda atau hukuman bagi para pengunjung yang membuang sampah sembarangan menjadi bukti bahwa hal itu mampu memberikan efek jera bagi para pengunjung. Sehingga anda bisa melihat sendiri, kondisi pantai yang benar-benar bersih serta memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya.

Kondisi yang bersih dari pantai Indrayanti ini pastinya memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Selain itu bagi pengelolanya, menjadikan hal tersebut sebagai suatu misi untuk terus menjaga supaya kawasan wisata tersebut tetap bersih dan terawat. Dan pastinya akan semakin menarik minat para wisatawan, khususnya wisatawan asing. Hal yang perlu diambil contoh bagi para pengunjug dan pengelola tempat wisata lainnya di seluruh Indonesia pastinya. Komitmen dan konsistensi untuk menjaga dan merawat daerah kawasan pantai itu pastinya akan memberikan kesadaran bagi para pengunjung untuk tidak hanya mengutamakan ego wisata saja. Namun juga harus ikut aktif dalam menjaga kenyamanan serta kebersihan pantai.

Para wisatawan tidak hanya dimanjakan oleh keindahan dari pantai Indrayanti saja pastinya. Anda juga akan dimanjakan lidah anda dengan aneka macam hidangan laut, seperti olahan cumi, ikan kakap, dan masih banyak hasil laut lainnya yang bisa anda nikmati. Semua menu yang disajikan itu anda bisa menikmatinya sambil memandangi betapa luar biasanya panorama dari pantai tersebut. Tidak hanya di waktu terang saja, anda bisa menikmati pantai Indrayanti. Di waktu malam anda juga menikmati pantai ini dengan suasana yang beda. Anda juga dapat menemukan penginapan-penginapan yang tidak jauh dari pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *