Menikmati Indahnya Candi Borobudur yang Mengagumkan

Pastinya banyak yang mengenal Candi Borobudur. Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang begitu populer tidak hanya untuk wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara. Candi Borobudur merupakan situs peninggalan sejarah yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Meski berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, namun kehadirannya selalu masuk ke dalam paket-paket wisata Jogja. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tidak begitu jauh dengan Jogjakarta sehingga selalu menjadi salah satu tujuan utama di dalam paket-paket wisata Jogja yang terkenal. Sebelum anda ikut serta di berbagai paket wisata Jogja yang anda cari, ada baiknya anda kenali dahulu bagaimana cara menikmati wisata di Candi Borobudur supaya anda bisa lebih dekat mengenal salah satu warisan dunia yang pernah menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia ini.

  1. Lokasi

Sudah dijelaskan di atas bahwa Candi Borobudur, berlokasi di Magelang. Untuk mencapainya, para wisatawan tidak akan menemui kesulitan yang begitu berarti. Lokasi Candi Borobudur berjarak 100 km dari barat daya Semarang, 86 km dari arah barat Surakarta, dan 40 km dari barat laut Jogjakarta. Lokasi yang tidak begitu jauh ini tentunya sangat terjangkau bagi para wisatawan yang ingin berwisata ke Candi Borobudur.

  1. Desain

Sebagai salah satu situs peninggalan sejarah dan budaya, Candi Borobudur memiliki desain yang berbentuk stupa. Dimana pada masa lalu dibangun untuk kepentingan tempat ibadah para penganut agama Budha Mahayana. Di Candi Borobudur memiliki 6 buah teras yang bentuknya bujur sangkar serta di bagian atasnya ada 3 pelataran yang bentuknya melingkar, dan di bagian dindingnya terdapat hiasan lebih dari 2600 relief serta sebanyak 504 arca Budha. Stupa utama terletak di bagian tengah dan sekaligus menjadi mahkota dari Candi Borobudur. Ada 3 barisan melingkar yang terdapat 72 stupa dengan lubang di bagian dalamnya terdapat arca Budha yang duduk bersila dengan posisi teratai yang sempurna. Pembangunan monumen ini merupakan perwujudan dari alam semesta yang dibangun untuk menjadi sebuah tempat suci ang memuliakan Sang Budha serta memiliki fungsi sebagai tempat ziarah untuk memberi tuntuan bagi seluruh umat manusia yang berpindah dari alam nafsu duniawi menuju alam pencerahan serta kebijaksanaan yang sesuai dengan ajarah Budha.

  1. Sejarah Pemugaran

Sesuai dengan bukti sejarah yang ada, Candi Borobudur pernah ditinggalkan ketika di abad 14 yang beriringan dengan menurunnya pengaruh Hindu Budha di Pulau Jawa dan mulai masuk ajaran Islam. Raffles yang kemudian menemukan kembali Candi Borobudur, menyadarkan pada dunia bahwa di Nusantara memiliki situs peninggalan sejarah yang sangat luar biasa. Sejak ditemukannya kembali, Candi Borobudur selalu dilakukan upaya penyelematan dan dilakukan beberapa pemugaran. Proyek pemugaran terjadi antara tahun 1975 hingga 1982. Proyek ini dilakukan atas usaha pemerintah Republik Indonesia dan juga didukung sepenuhnya oleh UNESCO yang merupakan badan dunia PBB yang konsern terhadap situs-situs warisan dunia. Hingga kini, Borobudur masih menjadi tempat ziarah. Setiap tahun, banyak umat Budha datang dari seluruh pelosok Indonesia dan juga mancanegara untuk memperingati Waisak. Borobudur sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang tentunya sangat favorit bagi para turis.

Banyak hal yang sangat menarik untuk dinikmati di Candi Borobudur. Tentunya berbagai hal yang menarik yang membangkitkan momen ketika anda berwisata di Borobudur. Pastinya dengan memilih paket wisata Jogja yang banyak ditawarkan Borobudur selalu menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *