Indahnya Ragam Pesona Wisata di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Destinasi wisatan favorit di Yogyakarta akan terasa belum lengkap jika belu berkunjung ke pantai Parangtritis. Lokasi wisata ini berada di selatan kota Yogyakarta. Berada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta berjarak 27 km. Bagi para wisatawan yang ingin ke sana tentunya sangat mudah sekali. Banyak sekali transportasi yang melayani anda untuk mengantarkan ke lokasi wisata tersebut. Pada umumnya transportasi yang menuju ke sana beroperasi hingga pukul 17.00 WIB.

Bila anda berkeinginan untuk mengunjungi pantai Parangtritis, maka waktu yang terbaik untuk berkunjung adalah sore hari. Dimana di waktu sore, anda bisa menikmati proses terbenamnya matahari sehingga anda akan dipuaskan pemandangan sunset yang sangat memikat serta panorama bibir pantai yang mempesona. Keindahan inilah yang menjadi pesona dari lokasi wisata tersebut sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya itu saja, jika anda berkunjung lebih awal waktunya, anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan pemandangan pantai dari atas tebing. Tebing tersebut letaknya ada di belakang pantai tersebut. Tebing yang bernama Gembirawati ini juga memiliki keunikan dengan adanya reruntuhan candi yang oleh masyarakat sekitar juga dinamakan candi Gembirawati. Candi tersebut terletak di sebelah timur tebing dengan jarak dari bibir pantai yang hanya beberapa meter saja.

Bagi orang Jawa, Pantai Parangtritis diyakini memiliki hubungan yang sangat erat dengan adanya kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan atau biasa dikenal dengan Ratu Kidul. Ratu ini dikenal sebagai penguasa laut selatan. Di sekitar pantai tersebut juga didirikan bangunan resort yang terinpirasi olehnya dan dinamakan Hotel Queen of the South. Diyakini oleh masyarakat Jawa pada umumnya, bahwa Parangtritis merupakan gerbang dari kerajaan laut selatan. Maka dari itulah masyarakat setempat sangat percaya, jika mengunjungi pantai tersebut dengan memakai pakaian berwarna hijau akan mendatangkan musibah. Ada kisah tersendiri mengapa pantai tersebut dinamakan Parangtritis. Kisah bermula di masa kerajaan Majapahit. Pada masa itu ada seorang pangeran yang melarikan diri dari kerajaan dan datang ke sebuah tempat untuk bersemedi. Pangeran yang bernama Dipokusumo ini ketika usai melakukan semedinya melihat tetesan air yang asalnya dari sela-sela karang. Dari peristiwa tersebut maka di kawasan tersebut kemudian dinamakan Parangtritis.

Para wisatawan yang berasal dari luar Yogyakarta bila ingin berkunjung ke Pantai Parangtritis bisa menggunakan jalur transportasi baik udara maupun darat. Bila memilih untuk menggunakan perjalanan lewat udara, maka anda bisa mendarat di Bandara Adisutjipto dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Terminal Giwangan dan mencari bus yang menuju ke Parangtritis. Namun, bila memilih menggunakan transportasi darat, anda bisa menuju langsung terminal Giwangan yang kemudian beralih menggunakan bus umum untuk menuju ke pantainya. Bila anda menggunakan transportasi kereta api, anda bisa turun di Stasiun Lempuyangan maupun Stasiun Tugu yang kemudian anda lanjut menuju terminal Giwangan untuk menuju ke pantainya dengan kendaraan umum.

Tentu sangat mengasyikkan menikmati pemandangan yang indah di pantai Parangtritis. Terutama jika anda menikmatinya di atas tebing. Selain itu anda juga bisa bermain ATV dan juga menunggangi kuda yang bisa disewa untuk menikmati indahnya pantai. Menyusuri keindahan pantai dengan ATV maupun kuda tentunya memberikan sensasi bagi anda yang menikmati liburan di Parangtritis.

Tidak salah memang jika Pantai Parangtritis menjadi destinasi wisata yang luar biasa indahnya di Yogyakarta. Pastinya selalu memberikan momen tersendiri yang sayang untuk dilupakan.

untuk informasi paket tour parangtritis atau sewa mobil ke pantai parangtritis silahkan hubungi kontak kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *