Puncak Suroloyo, Titik Paling Tinggi di Menoreh yang Menakjubkan

Tidak salah, Yogyakarta makin memikat pesonanya dengan banyaknya destinasi wisata di setiap kabupatennya. Setelah dipuaskan dengan wisata pantai di kabupaten Gunung Kidul, kini giliran kabupaten Kulon Progo yang tidak mau kalah ingin menawarkan beragam lokasi wisata menarik di dalamnya. Puncak Suroloyo yang merupakan salah satu lokasi wisata di Kulon Progo yang letaknya masih di area puncak pegunungan Menoreh. Pastinya indah sekali pemandangan yang dilihat dari puncaknya apalagi ketika cuaca sangat cerah.

Bila anda berencana untuk datang ke puncak Suroloyo, maka anda bisa datang di pagi hari sebelum subuh. Setelah anda beribadah sholat subuh bagi anda yang muslim, maka anda bisa berjalan dengan menaiki ratusan anak tangga untuk menuju puncaknya. Bila cuacanya cerah, anda sangat beruntung pastinya. Pasalnya anda bisa menikmati keindahan terbitnya matahari yang datang dari balik 2 gunung besar, yakni Merapi dan Merbabu. Tidak hanya di 2 gunung itu saja matahari terbit dapat anda saksikan. Di puncak Suroloyo, anda juga bisa melihat megahnya dua gunung lainnya, yakni Sindoro Sumbing.

Lokasi wisata di Kulon Progo, yaitu Puncak Suroloyo merupakan bukit paling tinggi di pegunungan Menoreh. Seperti yang telah disebutkan tadi, letaknya di Provinsi D.I Yogyakarta, tepatnya di Ducun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Ketinggiannya sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Lokasi wisata ini adalah salah satu bukit tertinggi dari pegunungan Menoreh. Ini menjadi tempat wisata yang menjadi tujuan wisata alam dengan pemandangannya yang indan serta mempesona. Faktor lain yang membuat tempat ini  begitu indah, ketika cuacanya yang cerah, yang biasanya terjadi di pagi hari, anda akan melihat empat gunung besar di Jawa, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Bahkan anda juga bisa melihat megahnya Candi Borobudur yang lokasinya di Magelan pun bisa nampak dengan jelas. Tentunya banyak kisah-kisah menarik seputar puncak Suroloyo ini. Dimana kisah tersebut menjadi bagian dari awal mula dari puncak Suroloyo ini.

Anda yang ingin menuju puncak Suroloyo, berikut ini dberikan rute yang akan anda lewati. Anda bisa menggunakan rute berikut untuk menuju ke Suroloyo. Rute tersebut adalah Kalibiru – Clereng – Girimulyo – 4 Nanggulan – Suroloyo. Akses jalan untuk menuju ke lokasi wisata memang cukup sulit. Pasalnya jalan yang dilalui masih berupa tanjakan dan pastinya penuh kelokan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena indahnya pemandangan di sepanjang perjalanan tentunya mengobati rasa tidak nyaman akibat akses jalannya yang tidak sempurna.

Di puncak Suroloyo ini pastinya tidak luput dari sejarah yang mewarnainya. Di puncak ini sangat berkaitan dengan keberadaan Kerajaan Mataram Islam. Di dalam kitab Cebolek gubahan R. Ng Yasadipura pada abad 18 disebutkan bahwa Sultan Agung Hanyakra Kusumo mendapat wangsit untuk berjalan menuju ke Kotagede ke arah bagian barat. Apa yang disarankan itupun diikutinya. Melalui petunjuk itulah, Sultan Agung kemudian mengikuti petunjuk-petunjuk tersebut yang membawanya ke Puncak Suroloyo. Di puncak tersebut, Mas Rangsang (nama muda dari Sultan Agung Hanyakrakusumo) membuat tertidur karena lelah. Di saat tidurnya itu pula, Mas Rangsang kembali mendapatkan wangsit untuk membangun tapa di tempatnya dia duduk. Semua yang dilakukan di sini kebanyak datang dari para ibu muda.

Pastinya anda akan terpuaskan dengan berkunjung ke puncak suroloyo yang anggun, asri, dan juga jernih airnya. cobalah untuk berkonsultasi ke marketing kami untuk mendapatkan rekomendasi terbaik menuju destinasi pucak suroloyo, untuk paket tour jogja atau sewa mobil jogja ke puncak suroloyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *