Pantai Wedi Ombo Wajib Dikunjungi Wisatawan yang Berkunjung ke Yogyakarta

Kembali lagi Yogyakarta menarik minat para pelancong untuk menikmati destinasi wisata pantainya. Pantai Wedi Ombo satu lagi pesona wisata pantai di Yogyakarta yang siap memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Wedi Ombo dalam bahasa Indonesia berarti pasir yang luas. Bisa dibayangkan para pengunjung tentu akan membayangkan sebuah pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat luas. Namun sayangnya, faktanya di pantai tersebut anda tidak akan menemukan hamparan pasir putih yang luas. Justru  di pantainya ini yang ada batuan karang dengan pasir putih yang tidak begitu luas. Pada bagian timur  didominasi oleh bukit karang sehingga pasir putih tidak seluas seperti nama dari pantai ini. Dibandingkan pantai Parangtritis dan pantai Glagah di Kulon Progo masih jauh.

Meski demikian, jangan salah di Pantai Wedi Ombo ini yang menarik justru bukit-bukit karangnya dibandingkan hamparan pasir putih di sepanjang pantainya. Bukit-bukit karang inilah yang memberikan daya tarik pengunjung yang datang sehingga membuat keindahan dari pantai ini sungguh luar biasa. Terutama di sana juga ada sebuah kolam alami yang terbuat dari batuan karang dan makin membuat pantainya ini menjadi lebih menarik.

Rute Menuju ke Pantai Wedi Ombo

Pantai yang menjadi bagian dari wilayah DIY ini terletak di Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya memang agak jauh dibandingkan pantai-pantai lainnya di sepanjang Gunung Kidul. Untuk menuju ke sana, para wisatawan harus melalui rute yang mudah pastinya. Dari kota Yogyakarta untuk menuju pantai Wedi Ombo ini hampir sama dengan rute yang dilalui ketika akan menuju ke pantai-pantai di Gunung Kidul. Para wisatawan bisa langsung menuju ke arah Wonosari. Dari Wonosari, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke arah timur yang melewati pasar Wonosari. Dari pertigaan setelah pasar, anda bisa ambil kanan untuk menuju jalur pantai Baron. Kemudian setelah 10 km dari pertigaan tadi anda akan menemukan sebuah pertigaan yang akan menunjukkan ke pantai Wedi Ombo. Langkah selanjutnya anda tinggal mengikuti petunjuk tersebut. Bagi anda yang belum pernah berkunjung tidak perlu khawatir. Karena di sepanjang perjalanan akan banyak ditemukan petunjuk-petunjuk jalannya. Bila anda merasa ragu, bisa menanyakan langsung kepada warga sekitar yang tentunya akan dilayani dengan senang hati dan menunjukkan jalannya. Ketika anda sampai di pasar Jepitu akan ditemukan pertigaan yang bisa anda ambil arah ke kanan kira-kira 5 km. Setelah anda memasuki area parkir di pantai Wedi Ombo, maka anda harus menuju ke pantainya dengan menuruni beberapa anak tangga untuk mencapainya.

Fasilitas yang Terdapat di Pantai Wedi Ombo

Sama halnya dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. di pantai Wedi Ombo ini memiliki banyak fasilitas seperti toilet serta kamar mandi yang bersih dan terawat. Bagi penganut agama Islam bisa menggunakan mushola kecil yang lengkap dengan berbagai peralatan ibadah. Anda yang berkunjung ke pantai ini tentu akan selalu dimanjakan dengan banyaknya warung makan yang menyajikan beraneka menu sea food. Tidak lupa juga bisa anda temukan makanan khas Gunung Kidul seperti tiwul dan juga belalang goreng.

Sayang sekali, bagi anda yang berniat untuk bermalam di pantai Wedi Ombo, tidak ditemukannya tempat-tempat penginapan. Sehingga bila ada yang berkeingian untuk menginap bisa menggunakan tempat penginapan di area pantai Indrayanti. Namun jika ingin mendapatkan suasana yang total, maka anda bisa melakukan camping di pantai tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *