Pantai Pok Tunggal, Sebuah Surga Tersembunyi yang Sayang Dilewatkan

Gunung Kidul, Yogyakarta banyak menyajikan pantai-pantainya yang indah dan sayang dilewatkan. Di pantai-pantainya itu identik dengan hamparan pasir putihnya dan kondisi alam yang alami sehingga menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Salah satu pantai yang menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya adalah pantai Pok Tunggal. Pantai yang indah ini lokasinya tidak jauh dari pantai Pulang Syawal atau Indrayanti. Akhir-akhir ini, kedua pantai tersebut memang sedang diminati para wisatawan untuk dikunjungi. Pantai ini terbuka untuk umum sebagai objek wisata di Gunung Kidul pada tahun 2012. Setiap tahun di pantai ini selalu terjadi peningkatan pengunjung. Hal tersebut tentu tidak lepas dari cara pengelolaannya yang cukup baik baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

Warga yang tinggal di daerah sekitar pantai Pok Tunggal memiliki tugas ganda yang salah satunya sebagai pengelola untuk selalu menjaga kebersihan pantainya supaya bebas sampah. Pihak pengelola sendiri dalam upayanya untuk menjaga kebersihan pantai tidak segan-segan pula memberi sanksi kepada pengunjung bila kedapatan membuang sampah sembarangan. Para wisatawan yang terbukti melakukan itu akan didenda sebesar Rp 10.000. Nama pok tunggal sendiri sebagai nama pantai diambil dari adanya pohon yang hidup di tepi pantai, yaitu pohon duras. Pohon ini tumbuh di pantai tersebut dan hanya satu-satunya. Maka dari itu nama pantai tersebut dinamakan pantai Pok Tunggal. Oleh warga sekitar, pohon duras tersebut sangat dijaganya. Para pengunjung yang datang pun diberi peringatan untuk tidak melakukan perusakan terhadap pohon tersebut.

Hal menarik lainnya dari pantai Pok Tunggal ini adalah pantainya yang merupakan pantai yang cukup panjang. Selain itu, anda juga akan menemukan sebuah bukit yang bisa dinaiki para wisatawan. Banyak keindahan lain yang bisa ditemui di pantai ini. Pasirnya yang putih dan bersih ditambah dengan ombaknya yang besar. Ada banyak wisatawan yang datang ke pantai ini tidak akan melewatkan untuk mengabadikan momen liburan di pantai sepanjang Gunung Kidul ini. Di sini juga bisa dijadikan sebagai tempat camping bagi para pelancong. Pesona yang sesungguhnya dari pantai ini adalah berjejernya barisan dari tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng untuk melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang yang tingginya sekitar 50-an meter tentu berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena panjat tebing. Pastinya dibutuhkan nyali yang besar untuk memanjat tebing karena tidak terdapat adanya jalur pemanjatan.

Anda yang berkunjung ke pantai pok tunggal akan terasa tidak lengkap jika tidak meluangkan waktu untuk menanti tenggelamnya matahari. Akses untuk menuju pantai ini dari pusat kota Yogyakarta jalannya cukup bagus. Dimana jalan untuk menuju pantai ini sudah diaspal dengan baik. Namun, sekitar 1,5 km jalan menuju pantai masih berupa jalan tanah bebatuan yang dikombinasi dengan cor semen. Maka dari itu para pengunjung harus berhati-hati melaluinya, terutama saat musim hujan maka jalan akan menjadi licin. Anda akan terbayar perjuangan anda melalui medan yang sulit ini dengan menikmati indahnya pasir putih yang membentang sepanjang pantai. Di sisi timur dan barat pantai diapit oleh perbukitan dengan tebingnya yang menjulang. Tentunya pemandangan ini makin menambah keindahan dari pantainya. Pengunjung bisa bebas berenang dalam jarak tertentu dari bibir pantai karena konturnya yang landai di bagian tepi. Tentunya bila digunakan untuk berenang cukup aman karena kedalaman berkisar 1-2 meter.

Pastinya menyenangkan sekali menikmati indahnya pantai Pok Tunggal ini. Dan menjadi satu agenda dari liburan anda ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Mau liburan ke jogja dan pengen tau rekomendasi lokasi-lokasi wisata di jogja serta mau sewa mobil atau paket tour jogja?

yuk hubungi kontak kami WA: 085643322718

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *