Liburan Menyenangkan di Kali Biru Kulonprogo

Kalibiru Kulon Progo satu dari sekian banyak destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sangat menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Di sini ditawarkan wisata alam berupa hutan kemasyarakatan yang letaknya di perbukitan Menoreh Kulon Progo, DIY yang berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Ketika anda mencapai puncaknya, maka anda akan melihat pemandangan menakjubkan dari perbukitan di bukit Menoreh yang juga sekaligus bisa menyaksikan penampakan waduk Sermo. Terutama jika cuaca sedang cerah, maka anda melihat dari kejauhan putihnya ombak pantai selatan. Lewat puncaknya pula, bila anda melihat ke arah timur maka akan nampak hamparan dataran luas yang membentang hingga jauh ke timur. Kesempatan menyaksikan sunrise bisa anda dapatkan jika anda merencanakan bermalam di sini melalui puncaknya pula.

Daya tarik wisata dari Kalibiru Kulon Progo ini adalah desa wisata Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kokap Kulon Progo, DIY. Ini merupakan kawasan berupa hutan yang pengelolaannya langsung dilakukan oleh masyarakat sekitar. Tidak dipungkiri memang, Yogyakarta selalu menyajikan banyak cerita menarik di dalamnya. Sejuta pesona yang ditawarkan pastinya sangat menarik pengunjung untuk datang. Sangat kaya sekali ragam wisata di Yogyakarta ini. Tidak hanya wisata budaya, kuliner, namun wisata alamnya pun sangat sayang untuk dilewatkan seperti halnya di Kalibiru ini. Wisata di Kalibiru ini juga bisa dibilang sebagai objek wisata yang memang sedang booming dan selalu dipilih para wisatawan untuk mengunjunginya. Sebelumnya memang di daerah Kulon Progo ini memang minim sekali objek wisatanya. Namun, berkat adanya unggahan di dunia maya mengenai keindahan dari Kalibiru inilah, maka objek wisata ini menjadi destinasi wajib ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Tidak hanya keindahan alam saja yang ditawarkan, di Kalibiru Kulon Progo ini juga menawarkan banyak fasilitas di dalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di sini anda akan diajak untuk mengunjungi hutan Kalibiru yang berada di area perbukitan Menoreh. Karena lokasinya berada di perbukitan, tentu udara di sekitarnya sangat sejuk dan segar. Hutan Kalibiru ini merupakan kawasan yang dimiliki pemerintah, namun pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat sekitar untuk dijadikan objek wisata serta wisata edukasi. Anda yang tertarik untuk menikmatinya, juga bisa memilih untuk datang ke objek wisata Kalianget Kulon Progo. Untuk mengunjunginya, maka anda harus benar-benar mempersiapkan stamina fisik yang prima terlebih dahulu. Pasalnya tidak akan lengkap rasanya jika mengunjungi Kalibiru, tidak mencoba untuk melakukan treking di Kalianget.

Lokasi dari objek wisata Kalibiru Kulon Progo ini terletak di desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 km. Objek wisata ini juga letaknya berdekatan dengan Waduk Sermo. Sebaiknya untuk menuju ke objek wisata ini, karena jalannya yang menanjak ada baiknya menggunakan kendaraan yang cc-nya besar. Anda yang ingin menuju lokasi objek wisata ini, harus menempuh perjalanan dari Yogyakarta sekitar 1 hingga 1,5 jam. Rute yang dilalui diantaranya :

  1. Sermo – Kalibiru

Inilah rute yang menjadi favorit bagi para wisatawan. Jalur ini menjadi yang favorit karena para wisatawan bisa berkesempatan menikmati pemandangan waduk Sermo yang pastinya sangat indah pemandangannya.

  1. Clereng – Kalibiru

Selain jalur Sermo yang favorit, jalur Clereng juga bisa dijadikan alternatif rute untuk menuju Kalibiru. Rute ini lebih mudah dan cepat, karena jalanan yang dilalui medannya tidak seberat jalur Sermo.

Bagaimana? Menarik bukan wisata Kalibiru Kulon Progo ini? Pastikan destinasi wisata ini menjadi salah satu destinasi yang anda agendakan untuk liburan mendatang.

hubungi team marketing kami untuk mendapatkan penawaran paket tour jogja yang mengunjungi kalibiru atau hanya sekedar sewa mobil dan driver menuju kali biru kulonprogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *