Keindahan Alam di Pantai Ngrenehan Yogyakarta

Lagi-lagi Yogyakarta menawarkan satu lagi destinasi wisata pantai di sepanjang pegunungan, Gunung Kidul. Tidak dipungkiri memang di sepanjang pegunungan tersebut berjajar pantai-pantai yang indah dan menarik. Uniknya lagi, pantai-pantai di Yogyakarta ini beda dengan pantai di daerah lainnya dimana pantainya selalu dikelilingi dengan bukit-bukit. Satu lagi yang menarik bahwa di pantainya itu juga memiliki pasir yang berwarna putih, lautnya yang biru, serta kondisi alamnya yang sangat alami. Satu lagi pantai di Yogyakarta yang memiliki kondisi yang demikian yaitu, pantai Ngrenehan.

Objek wisata alam pantai Ngrenehan ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Meski lokasi pantainya tidak terlalu luas, namun di pantai ini mempunyai kondisi alam yang demikian menarik. Dimana diapit dua bukit karang yang menjorok ke laut. Tidak hanya itu, pasir pantainya yang putih serta lautnya yang berwarna biru sehingga membuat pantai ini makin indah dan menarik. Tidak hanya sebagai kawasan wisata saja, di pantai ini juga digunakan oleh masyarakat sekitar yang mayoritas warganya berprofesi nelayan menyandarkan kapal-kapalnya di pinggir pantai ketika pulang dari melaut. Jadi, ketika anda berkunjung ingin membeli ikan segar, maka anda bisa membelinya langsung dari nelayan yang pastinya harga lebih murah dibandingkan di pasaran.

Tidak hanya ikan segar saja. Anda juga bisa menikmati berbagai hidangan laut siap saji dengan menuju di warung-warung makan yang bisa anda temukan di sekitar pantai Ngrenehan. Anda bisa menemukan berbagai menu sea food yang bervariasi sehingga anda bisa memilihnya sesuai selera. Daya tarik dari pantai ini yakni pemandangan alamnya serta pantainya yang alami. Anda yang ingin mendapatkan view yang bagus, disarankan untuk mengunjunginya di pagi hari saat cuaca sedang cerah. Saat itu, selain cuacanya yang tidak panas, anda bisa melihat pemandangan alam yang menarik dengan langitnya yang berwarna biru dan pastinya akan membuat anda berdecak kagum. Di pagi hari, anda juga bisa melihat aktivitas nelayan yang saling membantu. Baik itu hendak melaut atau akan menepi. Nelayan-nelayan yang pulang melaut pun demikian. Anda juga bisa melihat betapa ramainya aktivitas masyarakat ketika sedang melakukan jual beli ikan hasil tangkapan. Pastinya akan memberikan anda pengalaman yang menarik ketika anda berkunjung ke pantai tersebut.

Banyak  tempat yang bisa anda gunakan untuk menikmati keindahan dari pantai Ngrenehan ini. Salah satunya adalah gardu pandang yang letaknya di atas tebing bukit di sebelah timur. Dari gardu pandang tersebut, anda bisa menikmati pemandangan secara keseluruhan areal pantai. Selain viewnya yang memang di situ anda juga bisa melihat perahu-perahu yang berbaris dengan rapi dan pastinya akan membuat pemandangan di sekitar pantai menjadi lebih menarik. Untuk menuju ke gardu pandang tersebut, anda harus melewati gang kecil di sela-sela warung makan di sebelah timur. Selanjutnya anda harus naik tangga untuk menuju ke gardu pandang. Di gang kecil ini memang tidak nampak seperti jalan biasa. Sehingga banyak wisatawan yang datang tidak menyadari bahwa ada jalan untuk menuju gardu pandang tersebut. Maka dari itu, disarankan bagi para pengunjung untuk bertanya kepada masyarakat sekitar pantai.

Bagi yang ingin berkunjung ke pantai Ngrenehan ini, yang letaknya 30 km dari kota Wonosari atau 60 km dari kota Yogyakarta, maka anda bisa melewati jalan jalur lintas selatan Gunung Kidul. Di jalan tersebut aksesnya cukup bagus. Anda bisa menggunakan kendaraan wisata atau kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Masuk ke pantai anda hanya membayar retribusi yang cukup murah, yakni 5000 rupiah per orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *