Ekowisata Sungai Mudal Keindahan Tersembunyi di Perbukitan

Satu lagi di Kulon Progo menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan menyimpan pesona wisata yang tersembunyi di sela-sela perbukitan. Ekowisata Sungai Mudal, menjadi destinasi wisata yang mulai menarik perhatian wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Bosan dengan wisata pantai yang sangat banyak pilihannya di Gunung Kidul, kini Kulon Progo menjadi primadona baru bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan masa liburannya. Pesona wisata Kalibiru yang memukau di Kulon Progo, ternyata belum cukup memuaskan bagi pengunjung. Satu lagi lokasi wisata kembali terkeksplor dengan hadirnya objek wisata alam yang tak kalah menariknya yakni sebuah taman sungai mudal yang juga lebih dikenal dengan nama tuk mudal.

Dalam bahasa Indonesia, tuk berarti mata air. Di ekowisata sungai mudal ini merupakan taman air yang dibangun secara mandiri oleh masyarakat sekitar. Pembangunan ini ditujukan untuk makin meningkatkan potensi wisata yang ada di Kulon Progo. Terlebih di tahun 2015 lalu, Desa Jatimulyo yang merupakan lokasi taman air sungai Mudal menjadi desa wisata terbaik ke 3 di Yogyakarta dan mampu mengalahkan puluhan desa wisata di Yogyakarta. Di lokasi wisata ini yang merupakan taman sungai adalah air terjun serta kolam alami yang airnya berwarna biru bening. Sumber air dari tuk mudal ini berasal dari mata air alami yang memancar langsung dari sungai bawah tanah. Maka bisa dipastikan bahwa airnya sangat jernih, bening, dan jauh dari adanya polusi.

Objek wisata ekowisata sungai Mudal ini tepatnya berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Lokasi ini berada di perbukitan Menoreh. Ketika para pengunjung yang berada di tuk Mudal ini, saat melihat ke arah barat, maka akan melihat pegunungan Menoreh yang membentang di sepanjang Kulon Progo. Perbukitan Menoreh ini memiliki rata-rata ketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke tuk Mudal ini sangat mudah. Bila anda dari Kota Yogyakarta, maka anda bisa langsung menuju jalan Godean. Kemudian dari jalan Godean anda langsung lurus saja ke barat dan menuju ke arah Kulon Progo yang jaraknya sekitar 30 km. Pastikan perjalanan anda cukup lurus saja tidak perlu belok-belok.

Kemudian ketika anda telah melewati jembatan sungai Progo anda lewat lurus saja. Hingga anda melewati lampu merah di perjalanan dan kemudian lanjut untuk naik ke perbukitan Menoreh. Ketika anda menemukan pertigaan di atas bukit, bisa langsung ambil kanan menuju ke Goa Kiskenda. Setelah melewati goa Kiskenda anda bisa langsung ambil kiri dan menuju ke tuk sungai Mudal. Maka jika anda sudah mencapai rute tersebut, maka ekowisata sungai Mudal jaraknya sudah tidak begitu jauh. Perjalanan menuju tuk sungai Mudal ini akan melewati beberapa kokasi wisata baru yang sedang dikembangkan, seperti air terjun Setawing, Gunung Lanang, Goa Kiskenda, air terjun Kembang Soka, air terjun Kedung Pedut, dan Goa Seplawan.

Jangan takut akan fasilitas yang tersedia di ekowisata Sungai Mudal ini. Karena di sini bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup dan masih sederhana. Meski demikian kebutuhan anda akan toilet tentunya juga telah disediakan, selain itu juga disediakan tempat istirahat berupa gazebo. Memang untuk fasilitas tersebut jumlahnya masih minim, sehingga harus antri untuk menggunakannya terlebih pada saat liburan tiba. Bagi yang ingin menikmati cemilan, di sekitar lokasi wisata juga tersedia pedagang cemilan yang bisa mengganjal perut anda ketika lapar melanda.

ayo segera agenda liburanmu ke jogja untuk mengunjungi lokasi wisata ini, waktu yang baik mengunjungi lokasi ini adalah pagi hari dimana air di sungai masih jernih dan belum ada wisatawan yang datang. hubungi team marketing kami di 085643322718 untuk mendapatkan penawaran paket tour jogja ke sungai mudal atau sewa mobil ke sungia mudal kulonprogo. Team kami akan dengan sengan hati melayani & merekomendasikan kebutuhan trip anda selama di jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *